Cluster Casablanca, Sentul City, Bogor - Jawa Barat - 16810 | Hotline: 0813-1112-5384 (Call/SMS/WA)

11 June 2016

Kunci Keberhasilan Sebuah Pendidikan: Fokus dan Mendalam



Dalam rangka mensosialisasikan program kurikulum dan model belajar di Madrasah Aliyahnya, Direktur Pusat Pendidikan Islam Muslim Cendekia Madani, Dr. Ulil Amri Syafri, Lc. MA., melakukan kunjungan ke beberapa kota di Jawa Tengah pada tanggal 8-11 Juni 2016.

Kunjungan ini sangat berarti karena dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1437 H, dimana beliau dapat ikut merasakan suasana ramadhan di sepanjang kota yang dilewati. Misalnya kota Wonosobo, di mana beliau melihat dan merasakan antusias masyarakat yang berkumpul di masjid yang mendengarkan ceramah untuk menunggu waktu berbuka.

Dalam acara tersebut, Dr. Ulil Amri Syafri, Lc., MA. juga berkesempatan bertemu dengan novelis Islami terkenal Indonesia Habiburrahman El Shirazy yang biasa dikenal dengan panggilan Kang Abik di kediamannya di Salatiga.

Mereka yang juga sahabat lama ketika sama-sama menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir cukup lama berbincang dan bertukar pikiran tentang banyak hal. Uniknya, mereka saling bertukar novel lengkap dengan tanda tangan masing-masing. Kang Abik memberikan novel terbarunya, Ayat-Ayat Cinta 2. Sedangkan Sang Direktur memberikan novel pertamanya tentang pendidikan: Ayah, Antarkan Aku Ke Stamford Bridge.

Habiburrahman El Shirazy adalah contoh salah satu siswa Madrasah Boarding School yang sukses dan berhasil mewujudkan minat dan bakatnya. Beliau adalah lulusan Program Khusus MAN 1 Surakarta tahun 1995. Sekolah ini merupakan madrasah unggulan dengan sistem Boarding School yang menekankan pada program-program khusus pada kurikulumnya sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Sejatinya, lembaga pendidikan Islam yang baik harus memiliki kurikulum dan program yang dapat memberi ruang bagi anak didik untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka. Sebab terkadang potensi dan bakat itu baru mereka sadari saat usia remaja.

Proses belajar yang cenderung memiliki banyak materi -seperti yang terjadi di sekolah pada umumnya- dan tidak terfokus pada kecenderungan anak membuat peserta didik terbebani oleh materi yang belum tentu penting dalam pengembangan potensi dan bakat tadi.

Dengan proses belajar yang fokus seperti yang ditawarkan oleh Program Boarding School di Pusat Pendidikan Islam Muslim Cendekia Madani, anak didik akan lebih dapat mengelola waktu dengan baik dan memiliki kualitas yang terukur. Mereka hanya akan diberi materi-materi yang sesuai dengan target yang akan dicapai serta dibekali oleh life skill yang dibutuhkan. Dengan konsep pendidikan yang fokus dan mendalam inilah Pusat Pendidikan Islam Muslim Cendekia Madani hadir untuk ikut mengarahkan anak-anak muslim Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment