Cluster Casablanca, Sentul City, Bogor - Jawa Barat - 16810 | Hotline: 0813-1112-5384 (Call/SMS/WA)

31 August 2018

MCM Goes to Kampung Inggris


“It’s August! It’s time to students of MCM back to the camp for new experiences!”

Seperti biasa, Rumah Pendidikan Muslim Cendekia Madani selalu memulai proses pembelajarannya di bulan kemerdekaan Indonesia. Setelah tahun lalu para pelajar memasuki tahun ‘Berlibur Sambil Belajar’, maka tema pembelajaran yang akan diangkat tahun ajaran 2018/2019 ini adalah ‘Tahun Bahasa dan Masyarakat’.  

‘Tahun Bahasa’ adalah tahun dimana para pelajar MCM akan mendapat penguatan materi-materi bahasa asing sebagai salah satu materi keilmuan yang diprogramkan di MCM. Artinya, tahun ini para pelajar akan fokus mempelajari dua bahasa asing, yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab, secara tuntas dan terstruktur. Kompetensi akhir yang diharapkan adalah para pelajar mampu menguasai bahasa asing secara aktif.

Sedangkan ‘Tahun Masyarakat’ adalah tahun dimana para pelajar MCM terjun dan berbaur langsung di masyarakat, sebagai bagian dari pendidikan akhlak dan adab bermasyarakat. Dalam hal ini, para pelajar MCM didekatkan kembali pada adab dan budaya masyarakat Indonesia yang mulai ditinggalkan—khususnya pada generasi jaman now—seperti akhlak sopan santun, ramah, saling gotong royong, dan selalu bertegur sapa dengan sekitar.   

Untuk itu, MCM kemudian memilih Kampung Inggris di Pare-Kediri, Jawa Timur sebagai tempat pelaksanaan ‘Tahun Bahasa dan Masyarakat’. Adapun yang menjadi alasan pemilihan kota tersebut adalah bahwa kota Pare mempresentasikan tempat pembelajaran bahasa Inggris dengan ciri khas masyarakat perkampungan khas Indonesia.

Hampir semua orang tahu, jika ingin fasih berbahasa Inggris, pergilah ke Kampung Inggris di Pare. Tempat ini dipenuhi oleh lembaga-lembaga bahasa Inggris dengan kurikulum pembelajaran yang fokus, padat, dan terstruktur, sehingga dengan waktu yang relatif singkat mampu membuat orang yang belajar di sana menguasai bahasa asing itu secara baik.

Uniknya, meskipun letak Kampung Inggris ada di sudut kota Kediri, tapi tidak menghalanginya berkembang sebagai kota bahasa dengan tetap mempertahankan suasana perkampungan khas Indonesia. Tempat-tempat belajar bahasa—sekarang tidak hanya Inggris, tapi juga beberapa bahasa internasional lainnya, seperti Arab, Jerman, Perancis, Mandarin, Korea, Jepang—banyak bertebaran di kota itu, berbaur dengan rumah-rumah masyarakat yang dijadikan sebagai tempat tinggal mereka yang sedang belajar. Antara para pelajar dan masyarakat setempat saling berbaur dalam sebuah proses pembelajaran bahasa.

Maka sebagai pelaksanaan tema tahun ini, MCM bekerjasama dengan salah satu Lembaga Pendidikan Bahasa di Pare untuk memberikan materi-materi penguatan bahasa asing. Adapun pembinaan akhlak dan adab yang menjadi ciri khas Rumah Pendidikan MCM tetap dilakukan oleh mentor utamanya—Buya Dr. Ulil Amri Syafri, Lc., MA.—yang ikut mendampingi para pelajar di Pare-Kediri.

"Oke, kids. Let’s the experience begin!"

0 komentar:

Post a Comment