Cluster Casablanca, Sentul City, Bogor - Jawa Barat - 16810 | Hotline: 0813-1112-5384 (Call/SMS/WA)

03 February 2017

Catatan Pembelajaran Bulan Ke-5


Alhamdulillah, tak terasa kegiatan belajar mengajar bulan ke-5 di Muslim Cendekia Madani telah usai.

Di awal bulan ke-5 yang lalu kembali diadakan perubahan pola pembelajaran yang tertuang dalam program baru yang kali ini terbagi menjadi 5 pekan belajar dengan dua kelas: Kelas Mandiri dan Kelas Percepatan. Dengan pola seperti berikut ini:

Kelas Mandiri:

Pekan 1-2: Pengayaan Mufradaat (Vocabs), pemahaman Nushush (Text Comprehension) dan persiapan presentasi. Target pembelajaran: menghafal Mufradaat dan kemampuan berbahasa Arab cepat.

Pekan 3: Pengayaan Mufradaat (Vocabs), pemahaman Nushush (Text Comprehension), membaca Arab gundul (Non Syakl Reading) dan terjemah Nushush (Text Translation). Target pembelajaran: menghafal Mufradaat dan kemampuan membaca dan menterjemahkan teks bahasa Arab.

Pekan 4: Pengayaan Mufradaat (Vocabs) dan pekan film. Target pembelajaran: menghafal Mufradaat dan kemampuan mendengar dan memahami dialog-dialog bahasa Arab cepat.

Pekan 5: Pengayaan Mufradaat (Vocabs) dan pekan Tsaqafah Islamiyyah (Islamic Outlook). Target pembelajaran: menghafal Mufradaat, pengayaan wawasan keislaman dalam khazanah Ilmu Akhlak (Birrul Walidain), Ilmu Hadits dan Ilmu Ushul Fiqh (presentasi disampaikan dalam bahasa Arab) sekaligus meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami paparan berbahasa Arab yang hidup, cepat, langsung dan interaktif.

Kelas Percepatan:

Pekan 1-3: Pembelajaran bahasa Arab menggunakan Al-Arabiyyah Baina Yadaika 1. Target pembelajaran: menghafal Mufradaat dan pembiasaan mendengar bahasa Arab.

Pekan 4: Pembelajaran bahasa Arab menggunakan Al-Arabiyyah Baina Yadaika 1 dan pekan film. Target pembelajaran: menghafal Mufradaat dan pembiasaan mendengar bahasa Arab.

Pekan 5: Pembelajaran bahasa Arab menggunakan Al-Arabiyyah Baina Yadaika 1 dan pekan Tsaqafah Islamiyyah (Islamic Outlook). Target pembelajaran: menghafal Mufradaat, pengayaan wawasan keislaman dalam khazanah Ilmu Akhlak (Birrul Walidain), Ilmu Hadits dan Ilmu Ushul Fiqh (presentasi disampaikan dalam bahasa Arab) sekaligus meningkatkan kemampuan mendengar dan memahami paparan berbahasa Arab yang hidup, cepat, langsung dan interaktif.

Adapun kegiatan rekreasi ringan seperti futsal dan berenang tetap berjalan seperti bulan-bulan sebelumnya yang bertujuan menjaga kesehatan, mengusir rasa bosan dan menyegarkan fikiran.

Nah, berikut kegiatan sehari-hari setiap peserta didik di bulan ke-5 yang lalu:

04.00 - 05.00 : Persiapan shalat shubuh dan shalat shubuh berjamaah.
05.00 - 06.00 : One Day One Juz (Tilawah sehari satu Juz).
06.00 - 07.00 : Sarapan dan bersiap mengikuti program olah raga rutin.
07.00 - 08.00 : Olahraga rutin (Lari 5 km).
08.00 - 08.30 : Bersih-bersih lingkungan.
08.30 - 09.00 : Bersih diri.
09.00 - 12.00 : Mengikuti program pembelajaran masing-masing.
12.00 - 13.00 : Shalat Zhuhur.
13.00 - 15.00 : Makan siang dan istirahat.
15.00 - 16.00 : Bersih diri dan shalat ashar.
16.00 - 17.30 : Melanjutkan program pembelajaran masing-masing.
17.30 - 18.30 : Free Time.
18.30 - 19.00 : Shalat Maghrib
19.00 - 19.30 : Tahsin Tilawatil Quran dan Tahsin Al-Adzan.
19.30 - 20.00 : Shalat Isya'.
20.00 - 20.30 : Makan malam.
20.30 - 21.30 : Melanjutkan program pembelajaran masing-masing.
21.30 - 04.00 : Istirahat.

Walhamdulillah, kelas Mandiri akhirnya terbiasa dengan konsep Self-Learning atau yang biasa dikenal dengan istilah Autodidact yang tujuannya tidak lain agar etos belajar tumbuh dalam jiwa tiap siswa sehingga menyadari bahwa belajar tidak harus melulu ditemani atau diawasi guru, yang dengan demikian menumbuhkan kesadaraan akan pentingnya ilmu sehingga terdorong untuk selalu belajar dalam kondisi apapun baik dengan pendampingan ataupun mandiri.

Adapun kelas Percepatan, mengalami peningkatan penguasaan Mufradaat yang cukup baik. Bahkan siswa yang di awal belajarnya merasa berat berhadapan dengan bahasa dan tulisan Arab, kini mulai menikmati dan mulai terbiasa dengan mengulang-ulang pelajarannya.

Di bulan ke-5 ini pula diadakan Evaluasi Akhir Semester secara menyeluruh dengan metode sederhana: Diskusi Panel.

Dalam metode ini, setiap siswa diberi tugas masing-masing untuk menjadi Master of Ceremony, Moderator, Panelis dan Komentator secara bergantian dalam 9 sesi diskusi yang diadakan selama 2 hari. Kewajibannya cuma satu: semua harus disampaikan dalam bahasa Arab!

Dalam ceramah-ceramah, tanya jawab-tanya jawab dan perdebatan-perdebatan yang muncul dalam tiap sesi itulah bisa dievaluasi seberapa jauh capaian bahasa Arab masing-masing siswa selama 5 bulan terakhir.

Dan hasilnya: Memuaskan!

Para Siswa mengikuti proses Evaluasi Akhir Semester dalam bentuk Diskusi Panel
Lalu, beberapa hari terakhir di bulan Januari lalu diadakan pelepasan siswa yang mengikuti program Ma'had Aly, pembekalan akhir dan pembagian Ijazah serta Sertifikat sebelum mereka meninggalkan Muslim Cendekia Madani untuk melanjutkan pendidikannya.

Rata-rata alumni diarahkan untuk mempersiapkan diri mengikuti pendaftaran kuliah di timur tengah (Mesir, Sudan atau Maroko) dalam program beasiswa dari Dikti Kemenag. Mudah-mudahan Allah memberikan taufiq dan merizkikan kepada mereka kesempatan untuk belajar di tingkat yang lebih tinggi.

Saatnya pula untuk siswa-siswa Aliyah menikmati liburan semester setelah 5 bulan terakhir berjibaku dengan buku-buku dalam usaha meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Selamat menikmati liburan di kota masing-masing, tetap jaga shalat berjamaah dan selalu tekunlah untuk membaca satu juz Al-Qur'an tiap harinya. Semoga Allah memberi taufiq-Nya.

Bagaimana dengan bulan keenam? Selalu ada kejutan di Muslim Cendekia Madani.

Kita tunggu...

0 komentar:

Post a Comment