Cluster Casablanca, Sentul City, Bogor - Jawa Barat - 16810 | Hotline: 0813-1112-5384 (Call/SMS/WA)

04 January 2019

Penerimaan Pelajar Rumah Pendidikan MUSLIM CENDEKIA MADANI Tahun Ajaran 2019/2020 (KHUSUS PUTRA)






Rumah Pendidikan Muslim Cendekia Madani (MCM) adalah generasi ke-7 model sekolah Islam di Indonesia. Model ini lahir dari hasil pemikiran para pakar pendidikan Islam sebagai jawaban atas problematika pendidikan yang terjadi sekarang, khususnya dalam hal cognitive oriented, minimnya pembinaan akhlak pelajar, dan konsep pendidikan formal yang penuh dengan rutinitas yang membosankan. Konsep sekolah rumah ini  mirip dengan homeschooling namun diasramakan dengan suasana Islami.

Proses pendidikan MCM memiliki kekhasan tersendiri. Diawali dengan pemilihan rumah yang akan digunakan sebagai syarat pentingnya lingkungan dalam proses pendidikan; proses pembelajarannya yang menerapkan pola pembelajaran fokus, belajar tuntas; pembiasaan hidup sehat, dalam hal ini terkait dengan pola makan sehat berbasis buah dan sayur, pembinaan fisik melalui rutinitas olahraga, dan pembinaan adab yang berdasarkan akhlak Islami dan berkurikulum mandiri. Kesemuanya ini dilakukan dalam suasana yang santai, menyenangkan, dan kekeluargaan bersama mentor selama 24 jam.

Jika pada tiga tahun pertama MCM hanya membuka untuk pelajar setingkat MA/SMU, maka tahun 2019 sekolah ini memutuskan untuk menerima lulusan SD/MI sebagai pelajar yang akan dibina dan dididik selama tiga tahun. Adapun direktur program MTs akan dipegang oleh Dr. Muhyani, M.Psi.T.

Rumah Pendidikan MCM memiliki kompetensi unggulan lulusan, diantaranya:
1. Menyiapkan pelajar yang berakhlak karimah, sholeh, dan sehat jasmani (MTs dan MA)
2. Menyiapkan pelajar untuk memiliki jiwa pemimpin dan terlatih bertanggung jawab (MTs dan MA).
3. Hafal dan cakap membaca al-Qur'an (minimal 15 juz) (MTs dan MA).
4. Cakap berbahasa Arab dan Inggris (MTs dan MA), serta bahasa asing lainnya (MA).
5. Paham sistem dan kerja IT (MA).
6. Memiliki kemampuan tulis menulis (MTs dan MA) dan jiwa seni yang tinggi.

Ijazah Kelulusan untuk para lulusan MCM akan mendapat ijazah MTs/SMP dan MA/SMU (bisa memilih).

Untuk tahun ajaran 2019/2020 ini, Rumah Pendidikan Muslim Cendekia Madani membuka pendaftaran untuk putra-putra lulusan SD/MI/sederajat, SMP/MTs/sederajat, atau pindahan untuk bergabung mengikuti pendidikan dan pembinaan diri di MCM. Kuota yang disediakan terbatas untuk tiap lulusan (MTs dan MA), maksimal 20 anak (satu villa), agar lebih maksimal dalam proses pembinaannya.

Berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan antara lain:
1. Foto copy ijazah SD/MI/SMP/MTs/sederajat atau raport semester terakhir bagi yang belum mendapatkan ijazah.
2. Pas photo 4x6 sebanyak 3 lembar (B/W atau Colour).
3. Foto copy akte kelahiran.

Adapun Biaya Pendidikan untuk tahun ajaran 2019/2020 sebagai berikut:
1. Biaya pendaftaran dan tes masuk Rp. 500.000.
2. Infaq Awal Pendidikan Rp. 15.700.000 (untuk MTs) dan Rp. 17.000.000 (untuk MA).

Tes Masuk MCM akan dilaksanakan pada pekan pertama bulan Maret 2019 untuk lulusan SMP/MTs dan pekan terakhir bulan April 2019 untuk lulusan SD/MI.

Untuk yang dinyatakan lulus dapat melakukan registrasi pendaftaran dan pelunasan biaya pendidikan sampai awal April (untuk lulusan SMP/MTs) dan pertengahan Mei 2019 (untuk lulusan SD/MI).

InsyaAllah proses pembinaan dan pendidikan Rumah Pendidikan Muslim Cendekia Madani tahun ajaran 2019/2020 akan dilaksanakan di villa kawasan Sentul City Bogor.

0 komentar:

Post a Comment